1.Game PC RPG Terpopuler dan Terbaik
Setiap gamers pasti kenal atau bahkan penggemar berat game bergenre RPG (Role Playing Game),
dimana players bisa menentukan alur story dari game tersebut dengan di
sajikan banyak Quest yg menarik , di sini wartainfo.com akan menberikan
info tentang 13 game RPG terbaik , siapa tau bisa menambah refrensi anda
yang lagi mencari game-game yg seru, langsung saja Inilah 9 Game PC RPG Terpopuler dan Terbaik.
9. Diablo III
9. Diablo III
Diablo
3adalah game dariBlizzard yang patut dicoba, Karena Diablo 3 merupakan
salah satu game bisa membuat anda layaknya bermain game secara nyata.
Game Diablo 3 PC adalah action role-playing gameyang menitik beratkan pada Action. Game Diablo 3 PC memiliki alur game yang sangat menarik dengan tantangan yang berbeda tiap tingkatnya..
Game Diablo 3 PC adalah action role-playing gameyang menitik beratkan pada Action. Game Diablo 3 PC memiliki alur game yang sangat menarik dengan tantangan yang berbeda tiap tingkatnya..
8. Mass Effect 3
Game
yang membuat player percaya bahwa galaxy di penuhi dengan kehidupan
alien,dan menepatkan kondisni alam semesta dengan teknologi maju ,Mass
Effect membantu mengantar generasi baru RPG dan melakukannya dengan
percakapan memukau, keputusan yang sulit, dan chatting dengan AI ,dan
juga tembak-menembak ala Third Person Shooter (TPS) dengan kendali penuh
terhadap rekan yg player pilih.
7. Fallout 3
Fallout 3 adalah game yg mempunya nama besar karna itu Betheseda menset gamenya dengan seting open world dimana player bisa pergi kemana pun dan melakukan apa pun yg mereka mau...selama mereka bisa bertahan cukup lama untuk melakukannya.Dengan Seting di kehidupan gurun di Amerika pasca apokaliptik dengan character yg penuh kenangan,Fallout 3 adalah lambang dari modern RPG dan pola dasar yg akan di tiru oleh banyak developer nantinya
6. The Witcher 2 : Assasin's King
The Witcher 2: Assassins of Kings merupakan sekuel langsung dari game yang juga berjudul The Witcher. Game besutan developer asal Polandia, CD Projekt Red, ini awalnya dirilis pada tanggal 17 Mei 2011. Namun, pada tanggal 17 April 2012, sang developer kembali merilis lagi game ini dengan versi Enhanced Edition untuk PC dan XBOX 360. Bagi pengguna XBOX 360 tentu saja harus membeli game baru, namun pemilik versi PC dapat mendownload secara gratis patch Enhanced Edition ini di website resmi The Witcher 2 (dengan persyaratan sudah meng-install patch-patch sebelumnya).
Versi Enhanced Edition memberikan beberapa perubahan besar dari versi awalnya, terutama dari sisi storyline karena adanya tambahan quest, peningkatan kualitas grafis, cutscene CG baru untuk setiap awal dan akhir chapter, serta perbaikan bug dan sedikit perubahan pada gameplay karena developer memutuskan untuk memberikan beberapa tweak pada skill yang ada.
5. Guild Wars 2
MMORPG adalah arsenal utama yang dimiliki PC untuk mempertahankan statusnya sebagai platform gaming yang memiliki game-game eksklusif yang menarik untuk dilirik. Diterpa dengan segudang game multi-platform yang lebih banyak dibangun dan didesain untuk memfasilitasi kebutuhan gamer konsol, MMO adalah format yang memang diciptakan dan dimaksimalkan untuk PC, apalagi ketika kita membahas MMORPG yang lebih kompleks. Salah satu yang terbaik saat ini? Tidak diragukan lagi – Guild Wars 2. Visualisasi yang mumpuni dan gameplay yang adiktif, Guild Wars 2 adalah salah satu alasan mengapa gamer konsol harus mengumpulkan uang dan membangun PC yang cukup kuat untuk menanganinya.
4. Neverwinter Nights
Game usungan Atari/Bioware ini boleh dibilang melanjutkan kesuksesan Bioware dengan Baldur's Gatenya. Meskipun sebetulnya Baldur dan NWN memiliki setting dan style yang berbeda, tapi tema D&D (Dungeon & Dragons) nya Baldur terasa juga di NWN. Seperti juga Diablo dan Baldur's Gate, di NWN kita juga mengenal kelas-kelas karakter yang berbeda. Dan NWN mengembangkan kelas karakter yang lebih detail lengkap sampai ke sub-class dengan spesialisasinya masing-masing. Skill, ilmu, persenjataan yang unik yang dimiliki masing-masing kelas membuat game ini sangat adiktif, ditambah dengan adanya quest-quest khusus yang hanya dibuat khusus untuk karakter tertentu.
3. The Elder Scrolls V : Skyrim
Cerita pada Skyrim berkisar pada petualangan Anda sebagai seorang pahlawan yang disebut Dragonborn. Menurut legenda bangsa Nord di Skyrim, Dragonborn merupakan pembasmi naga yang muncul untuk membebaskan dunia dari kehancuran akibat ulah naga. Bila Anda mengikuti timeline cerita dari The Elder Scrolls, Skyrim mengambil tema waktu setelah kejadian di The Elder Scrolls 4 Oblivion. Alur cerita yang dibawakan pada Skyrim tentunya akan semakin menarik bila Anda mengikuti cerita di Oblivion. Namun, jangan khawatir. Sebab, Skyrim juga menyediakan cerita yang dapat diikuti dengan baik. Game ini juga menyediakan beragam buku dalam game yang dapat Anda baca supaya Anda dapat menyelami ceritanya.
Tunggu dulu; bila Anda akan menjadi pembasmi naga, berarti akan ada naga di Skyrim? Tentu saja! Bukan hanya ada, tetapi banyak naga yang dapat Anda buru! Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik Skyrim. Selain tentu saja dunianya yang begitu besar, begitu banyak rahasia yang disimpannya, dan beragam aktivitas yang dapat membuat Anda lupa waktu!
2. Dragon Age : Origins
Game
ini menawarkan memori indah yang teruntai lewat pendalaman
interpersonal karakternya. Hal ini sangat menentukan arah cerita ke
depannya dan membuat DAO menjadi lebih dari sekadar Role Playing Games
(RPG) Fantasy kebanyakan.
Bagi pemain yang telah terbiasa memainkan game-game macam Diablo, Baldur Gate, Mass Effect, Dugeon Siege atau Never Winter Nights pasti tak menemui kesulitan dalam menjalankan karakter. Sistem permainan yang ditawarkan di sini benar-benar fleksibel dan mudah untuk diatur. Pemain hanya perlu mengatur apa yang perlu dilakukan oleh karakter lain (AI) lalu langsung fokus pada pekerjaan lain agar tidak terbengkalai. Dengan kontrol WASD di keyboard, pemain bisa menggerakan karakter secara 3rd person. Jika bosan view bisa diganti dengan cara men-scroll mouse ke mode yang lebih kecil. Dengan ini game dijalankan secara click & hit.
Berbicara masalah grafis, game ini tergolong standar. Dengan pantulan cahaya yang berkilau pada pedang atau armor, serta darah yang terasa standar, grafis game ini memang tak bisa dikatakan mewah untuk ukuran saat ini. Salah satu yang menjadi kelebihan game ini adalah pengisian suara yang luar biasa banyak di tiap-tiap NPC . Setiap orang baru akan berbicara dengan nada suara berbeda. Sangat variatif
Bagi pemain yang telah terbiasa memainkan game-game macam Diablo, Baldur Gate, Mass Effect, Dugeon Siege atau Never Winter Nights pasti tak menemui kesulitan dalam menjalankan karakter. Sistem permainan yang ditawarkan di sini benar-benar fleksibel dan mudah untuk diatur. Pemain hanya perlu mengatur apa yang perlu dilakukan oleh karakter lain (AI) lalu langsung fokus pada pekerjaan lain agar tidak terbengkalai. Dengan kontrol WASD di keyboard, pemain bisa menggerakan karakter secara 3rd person. Jika bosan view bisa diganti dengan cara men-scroll mouse ke mode yang lebih kecil. Dengan ini game dijalankan secara click & hit.
Berbicara masalah grafis, game ini tergolong standar. Dengan pantulan cahaya yang berkilau pada pedang atau armor, serta darah yang terasa standar, grafis game ini memang tak bisa dikatakan mewah untuk ukuran saat ini. Salah satu yang menjadi kelebihan game ini adalah pengisian suara yang luar biasa banyak di tiap-tiap NPC . Setiap orang baru akan berbicara dengan nada suara berbeda. Sangat variatif
1. Dark Souls : Prepare to Die Edition
Dark Souls: Prepare to Die Edition dirilis untuk platform PC setelah Dark Souls rilis tahun 2011 untuk platform PS3 dan Xbox. Game ini merupakan game kedua dari serial Souls buatan From Software. Setting cerita Dark Souls tidak cukup berbeda dengan game-game fantasi pada umumnya yaitu masa kegelapan di dunia Lordran dengan berbagai mahluk aneh didalamnya.
Pemain berperan sebagai tokoh utama yang dipanggil sebagai “The Chosen Undead” atau yang artinya undead yang dipercaya untuk mengalahkan dan mengumpulkan jiwa para keempat penguasa, dan mempersugihkan jiwa-jiwa tersebut ke sebuah wadah yang dinamakan Lord’s Vessel.
Grafis yang dimiliki Dark Souls cukup menakjubkan, pemandangannya juga sangat memukau mata! Tidak jarang kita menjumpai landscape-landscape indah selama dalam perjalanan, berikut dengan comment yang ditinggalkan para pemain lain seperti “amazing view ahead” melalui fitur game ini untuk meninggalkan sebuah pesan di suatu daerah. Terkadang ada juga comment yang cukup lucu seperti: “Amazing chest ahead” di depan putri Gwyn, Gwenevere di Anor Londo. Tidak hanya pemadangan bagus, game ini juga dipenuhi oleh pemandangan yang mengerikan. Ditambah lagi dengan monster-monsternya yang sangat beragam mulai dari naga yang terlihat sangar, kodok yang bentuknya bikin mau muntah, sampai ada yang bentuknya seperti kuntil anak.
2. Ponsel Tercanggih Tahun 2013
Wow,
tak terasa Tahun 2012 hampir tutup usia, saatnya menyongsong datangnya
tahun 2013 yang nampaknya bakal dipenuhi oleh banyak kejutan oleh vendor
smartphone.
Jika 2011 adalah tahun dimana ponsel dual core mulai lahir, dan tahun 2012 ini jamannya ponsel quad core, maka bukan tidak mungkin tahun 2013 nanti akan menjadi masa dimana prosesor 8 core (octa core) mulai berkembang.
Untuk itu, marilah kita simak beberapa smartphone monster yang diperkirakan bakal muncul tahun 2013, ini dia:
Samsung Galaxy S IV
Setiap tahun, Samsung selalu menghadirkan pembaharuan Galaxy S, smartphone yang paling dijagokannya. Tahun 2013, hampir dapat dipastikan mereka mendatangkan Galaxy S IV.
S IV yang menjadi penerus Galaxy S III dirumorkan memakai teknologi layar Amoled full HD. Resolusinya menjanjikan tampilan gambar yang sangat jernih, 1920 x 1080 pixel.
Konon, Galaxy S IV akan ditenagai oleh sepasang prosesor Cortex-A15 dan Cortex-A7 yang masing-masing prosesornya telah mengusung 4 core di dalamnya.
Namun jangan salah mengira, sebab Samsung bukannya menggunakan dua buah CPU, melainkan menggabungkan kedua prosesor tersebut dalam satu chip atau biasa diistilahkan SoC. Meski digabung dalam satu chip, kedua prosesor yang disematkan sebenarnya bekerja sendiri-sendiri sehingga belum dapat disebut sebagai prosesor 8 core.
Sony Yuga
Melihat penjualan iPhone 5 dan Galaxy S3 yang begitu 'moncer', membuat Sony tertarik terhadap ceruk pasar yang telah dihuni dua nama besar tersebut. Mereka siap merilis penantangnya.
"Dalam waktu dekat, kami akan menyelesaikan model flagship yang akan mampu berkompetisi dengan iPhone dan Galaxy S III," kata Dennis van Schie, Head of Sales and Marketing Sony Mobile.
Ya, Sony dilaporkan sedang mengembangkan sebuah smartphone yang digadang-gadangkan akan berhadapan langsung dengan iPhone 5 dan Galaxy S3. Dennis sendiri tidak menjelaskan secara gamblang seperti apa smartphone tersebut.
Bocoran yang didapat mengatakan, smartphone yang dalam pengembangannya memakai kode Sony C660X 'Yuga' ini nantinya dibekali prosesor quad-core Krait, menggunakan layar ukuran 5 inch yang mendukung resolusi 1080p, dan memiliki kamera 13 megapixel.
HTC Deluxe
HTC baru saja merilis ponsel Android yang diklaim paling canggih, Droid DNA yang baru dirilis di Amerika Serikat. Kabarnya versi internasionalnya rilis awal 2013 dengan nama HTC Deluxe.
Fitur paling dijagokan adalah layar 5 inch resolusi 1920x1080 pixel dengan 440 pixel per inch. Resolusi layar tersebut boleh jadi yang tertinggi di pasaran. Mengalahkan baik iPhone 5 maupun Galaxy S III, dua smartphone pemimpin pasar saat ini.
Dengan kepadatan pixel mencapai 440ppi, Droid DNA tersebut diklaim punya 25% pixel lebih banyak daripada smartphone umumnya yang berlayar HD.
Sedangkan dapur pacunya memakai prosesor Krait quad core Snapdragon S4 1,5GHz, grafis Adreno 320 dan RAM 2GB.
iPhone 5S
iPhone 5 masih hangat menjadi pembicaraan, namun Apple dikabarkan telah berancang-ancang untuk menyiapkan versi terbaru dari iPhone. Sebuah berita dari koran di China yang menggulirkan rumor mengenai produksi yang disebut-sebut bernama iPhone 5S.
Koran lokal Commercial Times yang pertama menyebutkan bahwa mitra produksi Apple di Asia sudah mulai memproduksi iPhone generasi ketujuh tersebut. Bahkan, masih menurut berita itu, iPhone 5S itu akan dikapalkan mulai kuartal I 2013.
Dengan tambahan 'S' pada angka '5', bukan tidak mungkin Apple akan mengikuti jejak iPhone 4S dan 3GS. Ya, di iPhone itu, Apple tak menawarkan perubahan dari sisi hardware, tetapi lebih mengedepankan penambahan software untuk fitur yang lebih baik.
iPhone 5S diprediksi membawa sejumlah upgrade. Seperti keberadaan fitur NFC dan prosesor berkekuatan quad core.
BlackBerry 10
Research In Motion (RIM) telah memastikan jadwal peluncuran sistem operasi BlackBerry 10 pada 30 Januari 2013. Tak lama berselang, handset dengan OS anyar dan telah sangat dinanti penggila BlackBerry itu akan langsung dilepas ke pasaran.
Salah satu smartphone yang akan diperkenalkan RIM di akhir Januari 2013 nanti bisa saja handset touchscreen dengan codename London. Konon, BlackBerry London akan dipasangkan baterai 1.800 mAh, prosesor 1.5 GHz, 1 GB RAM, 16 GB storage, serta kamera 8 MP.
BlackBerry 10 diandalkan RIM untuk mengembalikan pamornya di industri mobile. Karenanya, mereka pun membekalinya dengan beberapa fitur jagoan.
Di antaranya BlackBerry Flow yang memungkinkan pengguna menavigasi seluruh open application dan BlackBerry Hub. Semua pesan, notifikasi, feed, dan kalendar acara masuk ke BlackBerry Hub dan apapun yang pengguna lakukan dengan perangkatnya, dengan gerakan yang sederhana, mereka bisa mengintip ke Hub setiap saat.
Itulah 5 smartphone monster nan tangguh yang diramalkan bakal mengisi tahun 2013, kira-kira diantara kelimanya manakah yang bakal sukses?
3. Hambatan komunikasi
Bentuk Hambatan Komunikasi
Bentuk-bentuk hambatan komunikasi diklasifikasikan menjadi 4 macam, hambatan tersebut adalah:
a. Hambatan dalam diri pribadi
Faktor-faktor hambatan dalam diri pribadi:
a. Persepsi Selektif)
b. Perbedaan dalam individu & ketrampilan komunikasi).
b. Hambatan antar pribadi
Faktor-faktor yang menyebabkan adalah:
a. Iklim)
b. Kepercayaan)
c. Kredibilitas)
d. Kesamaan pengirim penerima
c. Hambatan Organisasional
Faktor-faktor yang menyebabkan adalah:
a. Status)
b. Transmisi Hirarki)
HAMBATAN DALAM KOMUNIKASI
Faktor hambatan yang biasanya terjadi dalam proses komunikasi, dapat dibagi dalam 3 jenis sebagai berikut:
1. Hambatan Teknis
Hambatan jenis ini timbul karena lingkungan yang memberikan dampak pencegahan terhadap kelancaran pengiriman dan penerimaan pesan. Dari sisi teknologi, keterbatasan fasilitas dan peralatan komunikasi, akan semakin berkurang dengan adanya temuan baru di bidang teknologi komunikasi dan sistim informasi, sehingga saluran komunikasi dalam media komunikasi dapat diandalkan serta lebih efisien.
2. Hambatan Semantik
Gangguan semantik menjadi hambatan dalam proses penyampaian pengertian atau idea secara efektif. Definisi semantik adalah studi atas pengertian, yang diungkapkan lewat bahasa. Suatu pesan yang kurang jelas, akan tetap menjadi tidak jelas bagaimanapun baiknya transmisi.
Untuk menghindari mis-komunikasi semacam ini, seorang komunikator harus memilih kata-kata yang tepat dan sesuai dengan karakteristik komunikannya, serta melihat dan mempertimbangkan kemungkinan penafsiran yang berbeda terhadap kata-kata yangdigunakannya.
3. Hambatan Manusiawi
Hambatan jenis ini muncul dari masalah-masalah pribadi yang dihadapi oleh orang-orang yang terlibat dalam komunikasi, baik komunikator maupun komunikan.
Menurut Cruden dan Sherman, hambatan ini mencakup :
Hambatan yang berasal dari perbedaan individual manusia, seperti perbedaan persepsi, umur, keadaan emosi, status, keterampilan mendengarkan, pencarian informasi, penyaringan informasi.
Hambatan yang ditimbulkan oleh iklim psikologis dalam organisasi atau lingkungan sosial dan budaya, seperti suasana dan iklim kerja serta tata nilai yang dianut.
Jika 2011 adalah tahun dimana ponsel dual core mulai lahir, dan tahun 2012 ini jamannya ponsel quad core, maka bukan tidak mungkin tahun 2013 nanti akan menjadi masa dimana prosesor 8 core (octa core) mulai berkembang.
Untuk itu, marilah kita simak beberapa smartphone monster yang diperkirakan bakal muncul tahun 2013, ini dia:
Samsung Galaxy S IV
Setiap tahun, Samsung selalu menghadirkan pembaharuan Galaxy S, smartphone yang paling dijagokannya. Tahun 2013, hampir dapat dipastikan mereka mendatangkan Galaxy S IV.
S IV yang menjadi penerus Galaxy S III dirumorkan memakai teknologi layar Amoled full HD. Resolusinya menjanjikan tampilan gambar yang sangat jernih, 1920 x 1080 pixel.
Konon, Galaxy S IV akan ditenagai oleh sepasang prosesor Cortex-A15 dan Cortex-A7 yang masing-masing prosesornya telah mengusung 4 core di dalamnya.
Namun jangan salah mengira, sebab Samsung bukannya menggunakan dua buah CPU, melainkan menggabungkan kedua prosesor tersebut dalam satu chip atau biasa diistilahkan SoC. Meski digabung dalam satu chip, kedua prosesor yang disematkan sebenarnya bekerja sendiri-sendiri sehingga belum dapat disebut sebagai prosesor 8 core.
Sony Yuga
Melihat penjualan iPhone 5 dan Galaxy S3 yang begitu 'moncer', membuat Sony tertarik terhadap ceruk pasar yang telah dihuni dua nama besar tersebut. Mereka siap merilis penantangnya.
"Dalam waktu dekat, kami akan menyelesaikan model flagship yang akan mampu berkompetisi dengan iPhone dan Galaxy S III," kata Dennis van Schie, Head of Sales and Marketing Sony Mobile.
Ya, Sony dilaporkan sedang mengembangkan sebuah smartphone yang digadang-gadangkan akan berhadapan langsung dengan iPhone 5 dan Galaxy S3. Dennis sendiri tidak menjelaskan secara gamblang seperti apa smartphone tersebut.
Bocoran yang didapat mengatakan, smartphone yang dalam pengembangannya memakai kode Sony C660X 'Yuga' ini nantinya dibekali prosesor quad-core Krait, menggunakan layar ukuran 5 inch yang mendukung resolusi 1080p, dan memiliki kamera 13 megapixel.
HTC Deluxe
HTC baru saja merilis ponsel Android yang diklaim paling canggih, Droid DNA yang baru dirilis di Amerika Serikat. Kabarnya versi internasionalnya rilis awal 2013 dengan nama HTC Deluxe.
Fitur paling dijagokan adalah layar 5 inch resolusi 1920x1080 pixel dengan 440 pixel per inch. Resolusi layar tersebut boleh jadi yang tertinggi di pasaran. Mengalahkan baik iPhone 5 maupun Galaxy S III, dua smartphone pemimpin pasar saat ini.
Dengan kepadatan pixel mencapai 440ppi, Droid DNA tersebut diklaim punya 25% pixel lebih banyak daripada smartphone umumnya yang berlayar HD.
Sedangkan dapur pacunya memakai prosesor Krait quad core Snapdragon S4 1,5GHz, grafis Adreno 320 dan RAM 2GB.
iPhone 5S
iPhone 5 masih hangat menjadi pembicaraan, namun Apple dikabarkan telah berancang-ancang untuk menyiapkan versi terbaru dari iPhone. Sebuah berita dari koran di China yang menggulirkan rumor mengenai produksi yang disebut-sebut bernama iPhone 5S.
Koran lokal Commercial Times yang pertama menyebutkan bahwa mitra produksi Apple di Asia sudah mulai memproduksi iPhone generasi ketujuh tersebut. Bahkan, masih menurut berita itu, iPhone 5S itu akan dikapalkan mulai kuartal I 2013.
Dengan tambahan 'S' pada angka '5', bukan tidak mungkin Apple akan mengikuti jejak iPhone 4S dan 3GS. Ya, di iPhone itu, Apple tak menawarkan perubahan dari sisi hardware, tetapi lebih mengedepankan penambahan software untuk fitur yang lebih baik.
iPhone 5S diprediksi membawa sejumlah upgrade. Seperti keberadaan fitur NFC dan prosesor berkekuatan quad core.
BlackBerry 10
Research In Motion (RIM) telah memastikan jadwal peluncuran sistem operasi BlackBerry 10 pada 30 Januari 2013. Tak lama berselang, handset dengan OS anyar dan telah sangat dinanti penggila BlackBerry itu akan langsung dilepas ke pasaran.
Salah satu smartphone yang akan diperkenalkan RIM di akhir Januari 2013 nanti bisa saja handset touchscreen dengan codename London. Konon, BlackBerry London akan dipasangkan baterai 1.800 mAh, prosesor 1.5 GHz, 1 GB RAM, 16 GB storage, serta kamera 8 MP.
BlackBerry 10 diandalkan RIM untuk mengembalikan pamornya di industri mobile. Karenanya, mereka pun membekalinya dengan beberapa fitur jagoan.
Di antaranya BlackBerry Flow yang memungkinkan pengguna menavigasi seluruh open application dan BlackBerry Hub. Semua pesan, notifikasi, feed, dan kalendar acara masuk ke BlackBerry Hub dan apapun yang pengguna lakukan dengan perangkatnya, dengan gerakan yang sederhana, mereka bisa mengintip ke Hub setiap saat.
Itulah 5 smartphone monster nan tangguh yang diramalkan bakal mengisi tahun 2013, kira-kira diantara kelimanya manakah yang bakal sukses?
3. Hambatan komunikasi
Bentuk-bentuk hambatan komunikasi diklasifikasikan menjadi 4 macam, hambatan tersebut adalah:
a. Hambatan dalam diri pribadi
Faktor-faktor hambatan dalam diri pribadi:
a. Persepsi Selektif)
b. Perbedaan dalam individu & ketrampilan komunikasi).
b. Hambatan antar pribadi
Faktor-faktor yang menyebabkan adalah:
a. Iklim)
b. Kepercayaan)
c. Kredibilitas)
d. Kesamaan pengirim penerima
c. Hambatan Organisasional
Faktor-faktor yang menyebabkan adalah:
a. Status)
b. Transmisi Hirarki)
HAMBATAN DALAM KOMUNIKASI
Faktor hambatan yang biasanya terjadi dalam proses komunikasi, dapat dibagi dalam 3 jenis sebagai berikut:
1. Hambatan Teknis
Hambatan jenis ini timbul karena lingkungan yang memberikan dampak pencegahan terhadap kelancaran pengiriman dan penerimaan pesan. Dari sisi teknologi, keterbatasan fasilitas dan peralatan komunikasi, akan semakin berkurang dengan adanya temuan baru di bidang teknologi komunikasi dan sistim informasi, sehingga saluran komunikasi dalam media komunikasi dapat diandalkan serta lebih efisien.
2. Hambatan Semantik
Gangguan semantik menjadi hambatan dalam proses penyampaian pengertian atau idea secara efektif. Definisi semantik adalah studi atas pengertian, yang diungkapkan lewat bahasa. Suatu pesan yang kurang jelas, akan tetap menjadi tidak jelas bagaimanapun baiknya transmisi.
Untuk menghindari mis-komunikasi semacam ini, seorang komunikator harus memilih kata-kata yang tepat dan sesuai dengan karakteristik komunikannya, serta melihat dan mempertimbangkan kemungkinan penafsiran yang berbeda terhadap kata-kata yangdigunakannya.
3. Hambatan Manusiawi
Hambatan jenis ini muncul dari masalah-masalah pribadi yang dihadapi oleh orang-orang yang terlibat dalam komunikasi, baik komunikator maupun komunikan.
Menurut Cruden dan Sherman, hambatan ini mencakup :
Hambatan yang berasal dari perbedaan individual manusia, seperti perbedaan persepsi, umur, keadaan emosi, status, keterampilan mendengarkan, pencarian informasi, penyaringan informasi.
Hambatan yang ditimbulkan oleh iklim psikologis dalam organisasi atau lingkungan sosial dan budaya, seperti suasana dan iklim kerja serta tata nilai yang dianut.
4. Perangkat Input Komputer (Input Device)
Unit Masukan ( Input Device )
Unit
ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu
memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.
Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC)
adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan
user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa
digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner,
untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi.
Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses
akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program.
Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program.
Berdasarkan
sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
• Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
• Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1. typewriter key
2. numeric key
3. function key
4. special function key.
1. Typewriter Key
Tombol ini merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini sama dengan tuts pada mesin tik yang terdiri atas alphabet dan tombol lainnya sebagaimana berikut :
• Back Space
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 character di kiri cursor
• Caps Lock
Bila tombol ini ditekan, maka lampu indikator caps lock akan menyala, hal ini menunjukkan bahwa huruf yang diketik akan menjadi huruf besar atau Kapital, bila lampu indicator caps lock mati, maka huruf akan menjadi kecil.
• Delete :Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 karakter pada posisi cursor
• Esc :Tombol ini berfungsi untuk membatalkan suatu perintah dari suatu menu.
• End :Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor ke akhir baris/halaman/lembar kerja
• Enter :Tombol ini berfungsi untuk berpindah ke baris baru atau untuk melakukan suatu proses
perintah.
• Home :Untuk menuju ke awal baris atau ke sudut kiri atas layar
• Insert :Tombol ini berfungsi untuk menyisipkan character.
• Page Up :Tombol ini berfungsi untuk meggerakan cursor 1 layar ke atas
• Page Down :Tombol ini berfungsi untuk Menggerakkan cursor 1 layar ke bawah
• Tab :Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor 1 tabulasi ke kanan.
2. Numeric Key
Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard. tombol ini terdiri atas angka dan arrow key. Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai angka. Jika lampu indikator num lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai arrow key.
3. Function Key
Tombol ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini ini terdiri dari F1 s/d F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputer yang digunakan.
4. Special Function Key
Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akan mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya. Misalnya, untuk memblok menekan bersamaan tombol shift dan arrow key, untuk menggerakan kursor menekan bersamaan ctrl dan arrow key.
b. Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
c. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
Touch Pad Track Ball Pointing Stick
d. Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
e. Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
f. Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
g. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.
h. Kamera Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
i. Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.
j. Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
5. TEKNOLOGI DAN GLOBALISASI
Kaitannya antara tegnologi dan globalisasi
keterkaitan anatara globalisasi dan tegnologi ini dapat
diartikan seperti simbiosis mutualisme. karena tidak lah mungkin sutu
globalisasi itu dapat menjarah keseluruh pelosok negri tnpa adanya suatu
tegnologi. begitu juga sebalikny tidak lah mungkin suatu tegnologi iu dapat
berkembang pesat dan canggih tanpa ada bantuan informasi dari globalisasi.
misalnya saja dengan era globalisasi saat ini kita dapat membandingkannya
dengan jaman purba dahulu kala ini sangatlah berbeda sekali. tegnologi pada era
globalisasi seperti ini sudahlah sangat sangat canggih. misalnya :
1. televisi
perkembangan televisi dari jama ejaman sangat lah kontras
dan begitu cepat, dari tv hitam-putih sampai tv berwarna. dari tv berlayar
cembung sampai tv berlayar datar. dari tv yg begitu kecil sampai tv yang begitu
besar ada. bahkan sekarang tv berkembang manjadi LCD yaitu tv-tv flat yang
datar dan sangat tipis. dan televisi sekarang tidah hanya 2D bahkan kita dapat
melihat objek di televii dengan sangat nyata yaitu 3D.
2. telephone
begitu juga perkembangan telephone. dahulu kita masih
sering menelephone di wartel. lamakelamaan setiap rumah memiliki telephon
masing-masing. telephone ini terus mengalami perkembangan jaman globalisasi.
sehingga kita yang semakin sibuk denga mobilitas yang sangat tinggi maka
terbitlah inovasi baru yang sangat familiar yaitu handphone. bahkan HP tidak
hanya untuk telephone melainkan juga bisa kita gunakan untuk internetan dan
bahkan HP juga bisa dijadikan kamera. dengan perkembangan globalisasi maka
fitur- fitur di HP sangat lah berkembang. bermacam-macam fitur itu adalah game,
musik, video, tv, radio, gambar, perekam suara, dll.
sejujurnya dengan perkembangan teknologi dizaman
globalisasi memiliki berbagai dampak yaitu dampa postif dan dampak negativ.
seyogyanya dampak positif dan dampak negativ itu semua dapat terjadi
dikarenakan pihak-pihak tersebut dalam mengoprasikan teknologi-teglogi tersebut
Globalisasi adalah keterkaitan dan ketergantungan antar
bangsa dan antar manusia di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi,
perjalanan, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara
menjadi semakin sempit.
Globalisasi adalah suatu proses di mana antar individu,
antar kelompok, dan antar negara saling berinteraksi, bergantung, terkait, dan
memengaruhi satu sama lain yang melintasi batas negara
Dalam banyak hal, globalisasi mempunyai banyak
karakteristik yang sama dengan internasionalisasi
sehingga kedua istilah ini sering dipertukarkan. Sebagian pihak sering
menggunakan istilah globalisasi yang dikaitkan dengan berkurangnya peran negara
atau batas-batas negara.
Berikut ini beberapa ciri yang menandakan semakin
berkembangnya fenomena globalisasi di dunia.
Dampak positif :
begitu banyak dampak pisitif yang dapat kita rasakan dari
perkembangan teknologi dan globalisasi. dengan perkembangan teknologi yang
semakin canggih ini kita merasakan betapa mudahnya kita memperroleh info-info
perkembangan dunia. dan kita dapat menikmati betapa nikmatnya
kecanggihan-kecagihan alat elektronik yang dapat memanjakan kita.
kita dapat berbagi inormasi dengan hanya tidur dikamar
dangan laptop atau handphone yang memiliki jaringan internet tanpa harus
bersusah payah.
Dampak negativ :
begitu pula banyak dampak negativ yang sejujurnya datang
dari salah menggunakan atau jatuh ditangan penggua yang salah.
dengan ada nya ternologi yang canggih dan internet seharunya
kita dapat berbagi inro pasitif justru digunakan sebagai penyebaran situs-situs
video porno atau hal-hal yang berbau sara. misalnya penybaran ideo porna sangat
lah lebih mudah dan gampang. apa bila sipengguna tersebut tidak lah cakap dalam
menerima info tersebut makalah dapat terjermus. dalam impementasi nya maraknya
pemerkosaan dimana-mana.
tidak hanya dalam al terseut masukya budaya barat
smakdownn yang banyak menginspirasin anak-anak kecil yang seharusnya dapat
dijadikan sda yang berkalitas untuk perkembangan jaman justru ber smakdown dan
bahkan ada yang smapai meninggal dunia. dan masih banyak lagi.
Hilir mudiknya kapal-kapal pengangkut barang
antar negara menunjukkan keterkaitan antar manusia di seluruh dunia.
- Perubahan dalam Konstantin ruang dan waktu. Perkembangan barang-barang seperti telepon genggam, televisi satelit, dan internet menunjukkan bahwa komunikasi global terjadi demikian cepatnya, sementara melalui pergerakan massa semacam turisme memungkinkan kita merasakan banyak hal dari budaya yang berbeda.
- Pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang berbeda menjadi saling bergantung sebagai akibat dari pertumbuhan perdagangan internasional, peningkatan pengaruh perusahaan multinasional, dan dominasi organisasi semacam World Trade Organization (WTO).
- Peningkatan interaksi kultural melalui perkembangan media massa (terutama televisi, film, musik, dan transmisi berita dan olah raga internasional). saat ini, kita dapat mengonsumsi dan mengalami gagasan dan pengalaman baru mengenai hal-hal yang melintasi beraneka ragam budaya, misalnya dalam bidang fashion, literatur, dan makanan.
- Meningkatnya masalah bersama, misalnya pada bidang lingkungan hidup, krisis multinasional, inflasi regional dan lain-lain.
Kennedy dan Cohen menyimpulkan bahwa transformasi ini
telah membawa kita pada globalisme, sebuah kesadaran dan pemahaman baru bahwa dunia
adalah satu. Giddens menegaskan bahwa kebanyakan dari kita sadar bahwa
sebenarnya diri kita turut ambil bagian dalam sebuah dunia yang harus
berubah tanpa terkendali yang ditandai dengan selera dan rasa ketertarikan
akan hal sama, perubahan dan ketidakpastian, serta kenyataan yang mungkin
terjadi. Sejalan dengan itu, Peter Drucker menyebutkan globalisasi sebagai zaman
transformasi sosial.
PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP TEKNOLOGI
INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Perkembangan teknologi informasi memang sudah dirasakan
sebagian besar lapisan masyarakat di planet bumi ini. Komputer, faksimile,
telepon genggam, siaran televisi yang global serta satelit telah mempercepat
aliran informasi menembus batas-batas negara tanpa bisa dihentikan.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang cukup pesat sekarang
ini sudah menjadi realita sehari-hari bahkan merupakan tuntutan masyarakat yang
tidak dapat ditawar lagi. Tujuan utama perkembangan iptek adalah perubahan
kehidupan masa depan manusia yang lebih baik, mudah, murah, cepat dan aman.
Perkembangan iptek, terutama teknologi informasi (information technology)
seperti internet sangat menunjang setiap orang mencapai tujuan hidupnya dalam
waktu singkat, baik legal maupun illegal dengan menghalalkan segala cara karena
ingin memperoleh keuntungan. Dampak buruk dari perkembangan “dunia maya” ini
tidak dapat dihindarkan dalam kehidupan masyarakat modern saat ini dan masa
depan. Kemajuan teknologi informasi yang serba digital membawa orang ke dunia
bisnis yang revolusioner karena dirasakan lebih mudah, murah, praktis dan
dinamis berkomunikasi dan memperoleh informasi. Di sisi lain, berkembangnya
teknologi informasi menimbulkan pula sisi rawan yang gelap sampai tahap mencemaskan
dengan kekhawatiran pada perkembangan tindak pidana di bidang teknologi
informasi yang berhubungan dengan “cybercrime” atau kejahatan mayantara.
Masalah kejahatan mayantara dewasa ini sepatutnya mendapat perhatian semua
pihak secara seksama pada perkembangan teknologi informasi masa depan, karena
kejahatan ini termasuk salah satu extra ordinary crime (kejahatan luar biasa)
bahkan dirasakan pula sebagai serious crime (kejahatan serius) dan
transnational crime (kejahatan antar negara) yang selalu mengancam kehidupan
warga masyarakat, bangsa dan negara berdaulat. Tindak pidana atau kejahatan ini
adalah sisi paling buruk di dalam kehidupan moderen dari masyarakat informasi
akibat kemajuan pesat teknologi dengan meningkatnya peristiwa kejahatan komputer,
pornografi, terorisme digital, “perang” informasi sampah, bias informasi,
hacker, cracker dan sebagainya.
Itulah dampak dari globalisasi yang tak terbendung lagi.
Kita tidak akan bisa mengelak dari adanya globalisasi yang sudah melampaui
lintas batas negara. Dalam hubungan Internasional, Globalisasi yang menjalar
sedemikian cepatnya ke negara-negara lain juga akan menguatkan hubungan
diplomatik antar negara.Tetapi lebih dari itu semua, globalisasi juga membawa
dampak yang tidak baik seperti yang saya sebutkan di atas. Dampak itu terutama
dalam bidang Teknologi informasi dan komunikasi, sehingga kita sebagai
mahasiswa harus pandai-pandai untuk memfilter adanya globalisasi. Yang baik
kita terapkan dan yang jelek kita tinggalkan. Dalam kemajuan internet contohnya,
kita dapat menggunkannya untuk memperdalam informasi dan membuka cakrawala
dunia. Jangan menggunakan akses internet untuk hal-hal yang tidak sewajarnya.
Berbeda jauh dengan integrasi teknologi komunikasi dan
informasi di kota-kota besar. Adanya pelatihan-pelatihan dan rasa keingintahuan
guru untuk menguasai komputer membantu mereka untuk mengintegrasikan TIK dalam
proses pembelajaran. Sehingga proses pembelajaran yang ada tidak lagi monoton,
seperti penggunaan Power Point dalam pelajaran sejarah; adanya CD pembelajaran
dalam pembelajaran Matematika, Biologi, Bahasa Inggris, dsb; adanya penggunaan
audio dalam proses pembelajaran Listening pada pelajaran Bahasa Inggris dengan
disediakannya Lab Bahasa pada beberapa sekolah; penggunaan Website (baik yang
berbayar maupun tidak, misalnya Blog, dsb) pada beberapa sekolah yang mengerti
manfaat website tersebut bagi siswa dan sekolah; juga dengan adanya pendidikan
jarak jauh tentunya dengan didirikannya Universitas Terbuka dan SMP Terbuka.
E-Learning saat ini menjadi satu kebutuhan penting dalam proses pembelajaran
agar mampu meratakan pendidikan di Indonesia. Tinggal bagaimana pemerintah
mengalokasikan dana pendidikan secara tepat dan merata agar terpenuhinya
pemerataan pendidikan dan mengurangi kesenjangan pendidikan yang ada di kota
besar dan daerah terpencil.
Saran saya,
sebaiknya orangtua itu lebih memperhatikan perkembangan
anak. karena anak adalah sda negara yang sangat berpengaruh nantinya pada
perkembangan jaman. jangan sampa dengan begitu pesatnya perkembangan tegnologi
dan globalisasi ini justru kita malah terikut arus dan tidak dapat menyaring
mana yang terbaim dan mana yang terburuk, kita malah iya iya saja
menerima ini. setidaknya dengan pekembangan zaman ini tidaklah hanya orang tua
dirumah saja yang ikut mebantu tetapi lembaga-lembaga pemerintah juga ikut
membantu. karena ini globalisasi dunia bukan globalisasi indivu, karena kita
juga merupakan warga negara yang harus dilindungi dan diarah kan ke
hal-hal yang pasitif agar terfiptanya kedamaian dan kerharmonisan dalam
perkembangan globalisasi dan teknologi
Sekian artikel yang saya buat seboga bermaanfaat bagi
pembacanya. terimakasih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar